MODEL KOMUNIKASI OPINION LEADER TERHADAP TRADISI PARAWANTEN (STUDI PADA MASYARAKAT ISLAM DI DESA TAMBAK REJO KECAMATAN PADANG JAYA BENGKULU UTARA)

Downloads

Downloads per month over past year

Nuryani, Cicih (2025) MODEL KOMUNIKASI OPINION LEADER TERHADAP TRADISI PARAWANTEN (STUDI PADA MASYARAKAT ISLAM DI DESA TAMBAK REJO KECAMATAN PADANG JAYA BENGKULU UTARA). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text (Skripsi)
CICIH NURYANI_2111310031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pandangan opinion leader terhadap eksistensi tradisi Parawanten di Desa Tambak Rejo? dan (2) Bagaimana bentuk komunikasi yang digunakan opinion leader dalam menyampaikan pandangannya terkait tradisi tersebut kepada masyarakat? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari opinion leader formal (kepala desa, ketua BPD, sekretaris desa), informal (tokoh adat), dan profesional (tokoh agama). Hasil penelitian menunjukkan bahwa opinion leader di Desa Tambak Rejo memiliki pandangan yang beragam terhadap tradisi Parawanten. Opinion leader formal cenderung setuju pelestarian tradisi parawanten dengan menyesuaikan maknanya agar tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Opinion leader informal sangat setuju dengan menekankan bahwa Parawanten adalah bentuk simbolik dari rasa syukur dan penghormatan kepada leluhur. Sementara itu, opinion leader profesional cenderung kurang setuju, karena khawatir terdapat unsur syirik, namun tetap menyampaikannya secara santun. Dalam menyampaikan pandangannya, opinion leader menggunakan tiga bentuk komunikasi utama, yaitu komunikasi persuasif, simbolik, dan akomodatif. Melalui ketiga bentuk komunikasi ini, para opinion leader memainkan peran penting dalam menjembatani nilai budaya dan agama di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin196606051997021003UNSPECIFIED
Thesis advisorMentari, Gaya199108142019032016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Opinion Leader, Tradisi Parawanten, Komunikasi Budaya, Tokoh Masyarakat, Komunikasi Persuasif, Simbolik, Akomodatif
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:38
Last Modified: 29 Sep 2025 03:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year