PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI DI SDN 12 LINTANG KANAN

Downloads

Downloads per month over past year

LESTARI, PUJA (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI DI SDN 12 LINTANG KANAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text (Skripsi)
PUJA LESTARI_2111240111.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penerapan ini saya dapat menunjukkan bangun ruang augmented reality kepada siswa yang didalamnya terdapat materi-materi bangun ruang, sifat serta rumus bangun ruang, siswa dapat mengerjakan soal interaktif yang bertujuan untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari. Hal ini tidak hanya menguji pengetahuan siswa secara menyenangkan, tetapi juga membantu guru untuk mengevaluasi sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan pada penelitian ini yaitu Nonequevalent Control Group Design. Pada penelitian ini, sampel akan diambil dari populasi siswa kelas VI dengan jumlah 22 siswa di SDN 12 Lintang Kanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada paired sampel t-test, rata-rata antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 29,545 dengan standar deviasi 18,228 dan t-obtained adalah 5,376. Pada tingkat signifikan 0,05 derajat kebebasan 10. Dapat dilihat bahwa t-obtained diperoleh nilai lebih tinggi daridapa t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis di terima dimana Ha di terima dan Ho ditolak yang artinya penerapan pembelajaran berbasis augmented reality (AR) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VI SDN 12 Lintang Kanan dengan nilai signifkansi 0,000 < nilai α yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:49
Last Modified: 29 Sep 2025 03:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5513

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year