ANGGRAINI, SILVITA (2025) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU DALAM PENULISAN TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
SILVITA ANGGRAINI_21111290013.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu membedakan penggunaan kata baku dan tidak baku dalam penulisan, khususnya dalam teks ulasan yang merupakan salah satu jenis teks yang diajarkan di jenjang SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku dalam penulisan teks ulasan oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu serta faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan itu terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi tulisan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan jenis kesalahan penggunaan kata dan diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan frekuensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih menggunakan kata tidak baku dalam penulisan teks ulasan, baik karena pengaruh bahasa tutur sehari- hari maupun kurangnya pemahaman terhadap kaidah kebahasaan baku. Dari hasil penelitian yang dilakukan jenis kesalahan menurut simpen ada 7 dan dalam penelitian ini ditemukan ada 5 jenis kesalahan di antaranya: (1) afiksasi, (2) komposisi/pemajemukan, (3) reduplikasi atau perulangan, (4) abreviasi, (5) suplisi. Secara keseluruhan kesalahan yang di temukan sebanyak 144 kata baik kata baku maupun tidak baku, kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penggunaan kata dalam konteks pembentukan kata di bidang afiksasi, dan yang paling sedikit di bidang afiksasi. Faktor yang ditemukan dalam penelitian ini ada 3 sesuai dengan pendapat wardhani yaitu: (1) pengaruh bahasa ibu, (2) pemakai bahasa tidak paham dengan bahasa yang digunakannya, dan (3) cara mempelajari bahasa yang kurang sempurna. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pembelajaran tentang pemahaman dan penggunaan kata baku dalam konteks penulisan formal di sekolah
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kata baku, Kata tidak baku, Kesalahan berbahasa, Teks ulasan, Siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:30 | ||||||||||||
| Last Modified: | 01 Oct 2025 04:30 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics