YURAIRO, YOLLAN EFDI (2025) PESAN DAKWAH DALAM ANIMASI HAFIZ DAN HAFIZAH KUBIL SI PEBISNIS KECIL EPISODE 24 PART 1 DAN 2. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (869kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (141kB) | Preview |
|
![]() |
Text (skripsi)
YOLLAN EFDI YURAIRO_2111310023.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pesan dakwah yang terkandung dalam animasi Hafiz dan Hafizah: Kubil Si Pembisnis Kecil Part 1 dan Part 2. Kajian ini difokuskan pada tiga aspek utama dalam ajaran Islam, yaitu muamalah (hubungan sosial dan ekonomi), akhlak (moral dan etika), serta aqidah (keyakinan). Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori pesan terlihat dan tersembunyi menurut John Fiske, yang menitikberatkan pada bagaimana makna disampaikan melalui adegan, dialog, dan simbol-simbol visual maupun naratif dalam media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada part pertama, pesan dakwah muamalah disampaikan secara eksplisit melalui penggambaran konsep ijarah (sewa-menyewa) yang mengajarkan nilai kejujuran, keadilan, dan pentingnya kesepakatan dalam bertransaksi. Selain itu, terdapat pesan tersembunyi yang menyiratkan pentingnya mendukung imajinasi dan cita-cita anak-anak sebagai bagian dari proses pembelajaran yang harus dibimbing dengan kesabaran. Sementara itu, pada part kedua, pesan dakwah yang lebih menonjol adalah aspek akhlak dan aqidah. Nilai-nilai seperti keikhlasan, semangat mencari rezeki yang halal, serta sikap memaafkan dan memperbaiki kesalahan ditanamkan secara naratif. Di sisi lain, aspek aqidah diperkuat melalui penekanan bahwa setiap niat baik harus disertai pemahaman yang benar dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Hal ini mencerminkan bahwa ajaran Islam mencakup seluruh aspek kehidupan, termasuk aktivitas sehari- hari seperti bermain, belajar, dan berjualan. Ketiga aspek pesan dakwah ini diperkuat dengan kutipan ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai seperti profesionalisme, amanah, keikhlasan, ketakwaan, dan istiqamah. Keseluruhan pesan disampaikan dalam format yang ringan, edukatif, dan mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga menjadikan animasi ini sebagai media dakwah yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islam sejak usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dakwah melalui media animasi dapat menjadi sarana strategis dalam pembentukan karakter Islami pada anak-anak melalui pendekatan yang menyenangkan namun bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dakwah, Animasi, Muamalah, Akhlak, Aqidah | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi Dan Penyiaran Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year