Saputri, Yunida (2025) SEJARAH PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-HASANAH DI DESA PEDATI KECAMATAN PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH TAHUN 1999-2024. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
COVER new.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (736kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FULL YUNIDA 1911430044.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan Sejarah Pendidikan Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu Tengah Tahun 1999-2024 sebagai salah satu pusat pendidikan Islam yang berpengaruh di Provinsi Bengkulu. Adapun masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah 1) sejarah Pesantren Al Hasanah Bengkulu Tengah, 2) sejarah perkembangan pendidikan Pondok Pesantren Al-Hasanah Bengkulu Tengah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) sejarah Pesantren Al Hasanah Bengkulu Tengah, 2) untuk mengetahui sejarah perkembangan pendidikan Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Adapun hasil penelitian ini ialah 1) Pondok Pesantren Al-Hasanah didirikan oleh Ibu Husainah Hasan pada tahun 1999 di Desa Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Pesantren ini memainkan peran penting dalam pengembangan pendidikan agama Islam di daerah tersebut, dengan awal kegiatan belajar mengajar yang sederhana dan berkembang pesat seiring dengan pembangunan berbagai fasilitas pendidikan dan asrama untuk santri mukim. Selain menyelenggarakan pendidikan agama yang mendalam, pesantren ini juga mengintegrasikan pendidikan umum melalui lembaga formal seperti MTs dan MA. 2) Pondok Pesantren Al-Hasanah mengalami perkembangan yang signifikan selama periode 1999 hingga 2024. Pesantren ini berhasil mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan agama dan pendidikan umum, sehingga para santri memperoleh pengetahuan agama yang mendalam serta keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Selain itu, jumlah santri yang terus meningkat menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang diberikan. Tenaga pendidik juga mengalami peningkatan kualitas, melalui pelatihanpelatihan yang mendukung pembelajaran yang efektif dan kontekstual. Aspek ekstrakurikuler dan pelatihan kewirausahaan turut berkembang pesat sebagai bagian dari pembentukan karakter santri. Perkembangan sarana dan prasarana juga menjadi bukti nyata kemajuan pesantren, dengan adanya penambahan fasilitas seperti asrama, ruang kelas, laboratorium, dan fasilitas penunjang lainnya. Dengan berbagai capaian tersebut, Pondok Pesantren Al-Hasanah tidak hanya berperan sebagai pusat pendidikan agama, tetapi juga berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang unggul di bidang intelektual, spiritual, dan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sejarah, Pendidikan, Pesantren Al Hasanah, Bengkulu | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year