ANALISIS IMPLEMENTASI P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Saputra, Muhammad Rizki Adi (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Muhammad Rizki Adi Saputra_2011240059.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi P5 dalam kurikulum merdeka pada karakter cinta tanah air. Adapun tempat penelitian adalah SD Negeri 32 Kota Bengkulu, yang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini memfokuskan pengimplementasian P5 dan penguatan karakter cinta tanah air pada anak siswa kelas iv di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Kemudian, penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk mengumpulkan data-data, dari, subjek guru dengan informan Kepala Sekolah. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan P5 sebagai upaya peningkatan karakter cinta tanah air dilakukan di SD Negeri 32 Kota Bengkulu, dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap permulaan, guru melakukan pendalaman minat bakat anak untuk penyesuaian kegiatan dan tema proyek P5. Kemudian, pada tahap pengembangan, kegiatan proyek akan dikembangan dan disusun berdasarkan tema proyek yang sudah ditentukan. Pada tahap penyimpulan, guru akan melakukan evaluasi dan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan berdasarkan hasil capaian dari anak dan feedback dari orang tua. Selain itu, dalam pengimplementasiannya, enam dimensi Profil Pelajar Pancasila juga disisipkan ke dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari anak untuk pembiasaan pengembangan karakter pada anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam1982080202321016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, P5, Karakter Cinta Tanah Air
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:05
Last Modified: 02 Oct 2025 08:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year