PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS HIDAYATUL QOMARIAH

Downloads

Downloads per month over past year

SAPUTRA, RISKI EDO (2025) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS HIDAYATUL QOMARIAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
RISKI EDO SAPUTRA_2011260012.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian dapat diketahui bahwa tingkat kemandirian peserta didik kelas IX MTS Hidayatul Qomariah masih rendah. Dilihat dari aspek motivasi belajar peserta didik masih sangat bergantung terhadap bimbingan guru secara terus menerus, dan akibatnya peserta didik tidak sesuai dengan harapan guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan modul IPA berbasis sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di MTs Hidayatul Qomariah. Jenis penelitian pengembangan, metode Research and Development (R&D), model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implopment and evaluation). Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket. Teknis analisis data menggunakan rumus excel dengan perolehan uji kelayakan 55% (Baik) dari ahli materi, 70,91% (Layak) dari ahli media dan 73,33% (Layak) dari ahli bahasa. Kemudian perolehan data dari uji kepraktisan dari siswa didapat 92.44% (sangat praktis) dan uji kepraktisan dari guru didapat 88,235% (sangat praktis) dan respon penguna Modul IPA Berbasis STM didapat 95% dengan kategori (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul IPA berbasis STM dapat dikatakan layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Oleh karena itu, dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya agar dapat mengembangkan lagi penelitian ini lebih dari yang sudah peneliti kembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031000UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Ilmu Pengetahuan Alam, Sains Teknologi Masyrakat, Kemandirian Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:58
Last Modified: 03 Oct 2025 03:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year