Habibullah, Habibullah (2024) STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS BOARDING SCHOOL DI SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG DAN SMA AR-RISALAH KOTA LUBUKLINGGAU. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text (Disertasi)
HABIBULLAH_2011770011.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menganalisis dan melakukan komparasi terhadap implementasi pendidikan agama Islam berbasis boarding school di SMA Plus 17 Negeri Palembang dan SMA ArRisalah Kota Lubuklinggau, terutama pada; 1) Aspek-aspek pendidikan agama Islam multikultural, 2) Implementasi pendidikan agama Islam multikultural, 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama Islam multikultural. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif komparatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Analisis kualitatif yaitu dengan tahapan reduction, data display dan conslusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Aspekaspek pendidikan agama Islam multikultural di Sekolah Menengah Atas Plus Negeri 17 Palembang dan SMA Ar-Risalah Kota Lubuklinggau adalah; demokrasi, toleransi, kesetaraan atau kesejajaran, dan keadilan, 2) Implementasi pendidikan agama Islam multikultural di Sekolah Menengah Atas Plus Negeri 17 Palembang pada aspek multikultural knowing dilaksanakan melalui pembinaan di asrama, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dirangkaikan dengan Latihan Kedisiplinan (Latdis), LTBB (Latihan Baris-berbaris), Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Kemudian aspek multicultural feeling diimplementasikan melalui program home stay dan Community service. Aspek multicultural action diimplementasikan melalui kegiatan pembiasaan pagi dan iklim sekolah. Sedangkan di SMA Ar-Risalah Kota Lubuklinggau, multicultural knowing diimplementasikan dalam kegiatan Usbu’ut Ta’aruf, pembinaan di asrama, dan kajian kitab kuning. Selanjutnya multicultural feeling melalui program pramuka dan Creative Studen Day (CSD), Implementasi multicultural action melalui tradisi pondok dan tata tertib asrama. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama Islam multikultural di Sekolah Menengah Atas Plus Negeri 17 Palembang antara lain; adalah program boarding school, program sekolah, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan sarana dan prasarana sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah belum terintegrasinya pendidikan multikultural ke dalam semua mata pelajaran. Faktor pendukung implementasi pendidikan agama Islam multikultural di SMA Ar-Risalah Kota Lubuklinggau adalah pembinaan asrama, dan kajian kitab kuning. Sedangkan faktor penghambat sumber daya guru yang masih rendah dan sarana prasarana berupa media pendidikan masih terbatas.
Item Type: | Thesis (Doktoral (S3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, PAI, Multikultural, Boarding School |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > Islam Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:48 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:48 |
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year