PENERAPAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 1 BENGKULU UTARA

Downloads

Downloads per month over past year

JANNAH, NURUL MIFTAHUL (2024) PENERAPAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 1 BENGKULU UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEPAN_NURU_MIFTAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
NURUL MIFTAHUL JANNAH_2011210152_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini melatih peserta didik untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi dan kehidupan berdemokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan P5 Dalam Pembelajaran Fiqih, Proses Pembelajaran Fiqih terhadap P5 dan Peran guru dalam pelaksanaaan P5 pada pembelajaran fiqih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah waka kurikulum, guru mata pelajaran fiqih, dan siswa MTs Negeri 1 Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan P5 di MTs Negeri 1 Bengkulu Utara dalam pembelajaran fiqih memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan ilmu, keterampilan, dan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Langkah ini penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dalam fiqih, seperti kebersihan, disiplin, dan akhlak islami, sejalan dengan dimensi iman, takwa, dan akhlak mulia. Pembelajaran tentang toleransi dan perbedaan mazhab mendukung dimensi kebhinekaan global, serta aktivitas kelompok dan kemandirian, analisis kasus fiqih kontemporer, dan penggunaan teknologi mendorong kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Siswa diharapkan mampu berkontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani1970110520021221002UNSPECIFIED
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain198901162020122007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, P5, Pembelajaran Fiqih
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:44
Last Modified: 13 Oct 2025 07:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year