UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 7 KOTA BENGKULU)

Downloads

Downloads per month over past year

ROMADHON, TAUFIK SURYA (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 7 KOTA BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
TAUFIK SURYA ROMADHON_2011210053.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

tujuan dari penelitian untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 7 Kota Bengkulu, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMAN 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Pengolaan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini, bahwa upaya guru pendidikan agama Islam di SMAN 7 Kota Bengkulu dilakukan dalam proses pembelajaran PAI dengan cara menyampaikan permahraj, guru mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an siswa, tadarus 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan nasehat atau motivasi yang sifatnya membangun, dan dibuat ekstrakulikuler setiap jum’at sepulang sekolah untuk pembinaan kerohanian Islam, guru menggunakan metode halaqoh dengan membentuk sistem lingkaran (halaqoh) untuk para siswa, dan adanya tutor sebaya. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMAN 7 Kota Bengkulu sudah terlaksana dengan cukup baik. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMAN 7 Kota Bengkulu yaitu sarana prasarana yang baik, metode pembelajaran dan guru berperan sangat aktif dalam membantu siswa SMAN 7 Kota Bengkulu dalam membaca Al-Qur’an. Faktor penghambatnya yaitu siswa yang masih kurang kesadaran diri bahwa pentingnya dalam membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802051997031002UNSPECIFIED
Thesis advisorBayan, Zubaidah197204162023212009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al- Qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:22
Last Modified: 13 Oct 2025 08:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year