ROMADHON, TAUFIK SURYA (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 7 KOTA BENGKULU). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (skripsi)
TAUFIK SURYA ROMADHON_2011210053.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
tujuan dari penelitian untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 7 Kota Bengkulu, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMAN 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Pengolaan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini, bahwa upaya guru pendidikan agama Islam di SMAN 7 Kota Bengkulu dilakukan dalam proses pembelajaran PAI dengan cara menyampaikan permahraj, guru mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an siswa, tadarus 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan nasehat atau motivasi yang sifatnya membangun, dan dibuat ekstrakulikuler setiap jum’at sepulang sekolah untuk pembinaan kerohanian Islam, guru menggunakan metode halaqoh dengan membentuk sistem lingkaran (halaqoh) untuk para siswa, dan adanya tutor sebaya. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMAN 7 Kota Bengkulu sudah terlaksana dengan cukup baik. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMAN 7 Kota Bengkulu yaitu sarana prasarana yang baik, metode pembelajaran dan guru berperan sangat aktif dalam membantu siswa SMAN 7 Kota Bengkulu dalam membaca Al-Qur’an. Faktor penghambatnya yaitu siswa yang masih kurang kesadaran diri bahwa pentingnya dalam membaca Al-Qur’an
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI, Kesulitan Membaca Al- Qur’an | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:22 | ||||||||||||
| Last Modified: | 13 Oct 2025 08:22 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics