PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kota Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

Lisfitriani, Sherly (2024) PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Studi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kota Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SHERLY LISFITRANI_2011210085_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses pengajaran yang bermutu melibatkan banyak hal, salah satunya adalah metode yang diterapkan oleh pendidik. Jika pendidik menggunakan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi tentunya akan terbentuk suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, sehingga peserta didik akan lebih tertarik untuk memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan. Dalam proses pembelajaran Fikih pada bab pemulasaraan jenazah diperlukan pemilihan metode yang tepat, yaitu menggunakan metode praktikum karena siswa diberi kesempatan untuk mengalami, melakukan, mengikuti, menganalisis, dan membuktikan secara langsung mengenai kebenaran atau mencoba memecahkan sendiri permasalahannya , sehingga siswa dapat ,menarik kesimpulan sendiri atas proses yang dijalaninya. Sehingga siswa dapa memperoleh minat dan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan oleh pendidik. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji independet simple t-test dan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi SPSS for windows 29.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode praktikum terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t, untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,006. Nilai Sig < 0,05 yang artinya nilai sig. lebih kecil dari taraf kesalahan maka Ha diterima dan Ho ditolak (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode praktikum terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t, untuk post-test hasil belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,004. Nilai Sig < 0,05, yang artinya nilai sig. lebih kecil dari taraf kesalahan maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode praktikum terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan perhitungan uji MANOVA, untuk minat dan hasil belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,001. Nilai Sig < 0,05, yang artinya silai sig. lebih kecil dari taraf kesalahan maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasmah198905142020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Praktikum, Minat, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:05
Last Modified: 14 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year