CAHYA, AFRILIA DWI (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR DAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS INKLUSI DI SD ALAM MAHIRA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Full text not available from this repository.Abstract
p toleransi siswa di kelas inklusi. (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan strategi guru PAI dan Budi Pekerti dalam membentuk keaktifan belajar dan sikap toleransi antar siswa di kelas inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi mereduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan dan verifikasi. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kepala sekolah, guru pendamping, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang inklusif, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, penilaian yang adil dan komprehensif, keterlibatan siswa baik reguler maupun yang berkebutuhan khusus dalam melaksanakan tugas belajar, membentuk siswa agar mau bertanya dan ikut serta dalam menyelesaikan masalah dikelas, mampu membentuk keaktifan belajar dikelas inklusi. Kemudian penghargaan terhadap perbedaan, kerjasama dalam kelompok yang heterogen, penyelesaian konflik yang diselesaikan secara damai mampu membentuk sikap ,toleransi dalam diri siswa dikelas inklusi tanpa ada deskriminasi. Dan Adapun faktor pendukung yang terdapat di SD Alam Mahira Bengkulua yakni adanya kolaborasi antara guru PAI dan Budi Pekerti, guru pendamping, dan orang tua, diadakannya pelatihan dan pengembangan profesional guru, serta adanya kebijakan sekolah yang mendukung pendidikan inklusi, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah keterbatasan media pembelajaran, kekurangan guru dengan latar belakang Pendidikan Luar
| Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pendidikan Agama Islam dan Guru Akhlak, Keterlibatan Belajar, Sikap Toleransi, Kelas Inklusif | ||||||||||||
| Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
| Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:16 | ||||||||||||
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:16 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
