KEMBAR, PUTRI (2024) PROBLEMATIKA SEKOLAH DALAM MEIMPLEMETASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
depan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PUTRI KEMBAR_2011240130.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program pendidikan yang dirancangkan oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada satuan pendidikan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal, karakteristik siswa, dan tantangan global yang dihadap. Temuan awal di tempat penelitian MIN 2 Kota Bengkulu, terdapat hambatan guru untuk mengembangkan diri dalam Kurikulum merdeka. yaitu tidak terpenuhinya syarat administrasi untuk mengikuti Program Guru Penggerak. Akibat Guru-guru belum bisa mengikuti Program Guru Penggrak permasalahan penggunaan teknologi pada IKM di MIN 2 kota bengkulu seperti, guru-guru yang kurang bersosial media dan lambat dalam menangkap informasi-informasi melalui pelatihan online disebabkan faktor usia yang sudah tidak memungkinkan, untuk selalu fakus pada sosial media dan ambisi untuk bergelut dengan informasiinformasi penting dalam IKM sangat rendah. Oleh karena itu penelitian problematika sekolah dalam meimplementasikan kurikulum merdeka dan upaya sekolah mengatasi problematika dalam meimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (fielnd research) dangan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan mengunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang menjadi problematika sekolah dalam IKM diantaranya: Kurangnya kualitas SDM, belum ada solusi untuk guru-guru mendapatkan akun SIMPKB untuk syarat utama administrasi dalam mengakses akun program guru penggrak, dan pelaksanaan P5P2RA terlalu banyak mengambil waktu orang tua siswa. Adapun upaya sekolah mengatasi Problematika dalam IKM yaitu menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua siswa, memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan meningkatkan keefektifan supervisor. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada kuliatas sekolah, guru, dan siswa dalam proses IKM serta dapat memberikan sumbangan positif dalam usaha meningkatkan kualitas dan akreditas sekolah khususnya dalam IKM
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:18 | ||||||||||||
| Last Modified: | 20 Oct 2025 04:18 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics