PROBLEMATIKA SEKOLAH DALAM MEIMPLEMETASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KEMBAR, PUTRI (2024) PROBLEMATIKA SEKOLAH DALAM MEIMPLEMETASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PUTRI KEMBAR_2011240130.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program pendidikan yang dirancangkan oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada satuan pendidikan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal, karakteristik siswa, dan tantangan global yang dihadap. Temuan awal di tempat penelitian MIN 2 Kota Bengkulu, terdapat hambatan guru untuk mengembangkan diri dalam Kurikulum merdeka. yaitu tidak terpenuhinya syarat administrasi untuk mengikuti Program Guru Penggerak. Akibat Guru-guru belum bisa mengikuti Program Guru Penggrak permasalahan penggunaan teknologi pada IKM di MIN 2 kota bengkulu seperti, guru-guru yang kurang bersosial media dan lambat dalam menangkap informasi-informasi melalui pelatihan online disebabkan faktor usia yang sudah tidak memungkinkan, untuk selalu fakus pada sosial media dan ambisi untuk bergelut dengan informasiinformasi penting dalam IKM sangat rendah. Oleh karena itu penelitian problematika sekolah dalam meimplementasikan kurikulum merdeka dan upaya sekolah mengatasi problematika dalam meimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (fielnd research) dangan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan mengunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang menjadi problematika sekolah dalam IKM diantaranya: Kurangnya kualitas SDM, belum ada solusi untuk guru-guru mendapatkan akun SIMPKB untuk syarat utama administrasi dalam mengakses akun program guru penggrak, dan pelaksanaan P5P2RA terlalu banyak mengambil waktu orang tua siswa. Adapun upaya sekolah mengatasi Problematika dalam IKM yaitu menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua siswa, memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan meningkatkan keefektifan supervisor. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada kuliatas sekolah, guru, dan siswa dalam proses IKM serta dapat memberikan sumbangan positif dalam usaha meningkatkan kualitas dan akreditas sekolah khususnya dalam IKM

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza19711212200512007UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198905122020121007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:18
Last Modified: 20 Oct 2025 04:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year