PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII SMPN 11 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

LESTARI, INDAH (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII SMPN 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
0. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 3.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
INDAH LESTARI 2011260013.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains siswa di SMPN 11 Bengkulu Tengah masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya variasi bahan ajar yang digunakan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul bermuatan Nature Of Science pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII SMPN 11 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, wawancara, angket respon reponden, soal pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian adalah 4 orang dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yang terdiri dari 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli bahasa, 1 orang dosen ahli soal, dan 2 orang guru IPA serta siswa SMP kelas VIIIB. Data dari hasil analisis kelayakan dengan menghitung presentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 82,5% (ahli materi), 89% (ahli bahasa), 95% (ahli media), 94,5% (ahli soal) dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan modul yaitu guru IPA 90% dan siswa 84,3%, dapat kategori sangat praktis. Adapun uji keefektifan diperoleh rata-rata nilai kelas kontrol 46,9% dan nilai kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata lebih tinggi sebesar 91,6% menghasilkan kriteria sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar IPA dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain198411152023211010UNSPECIFIED
Thesis advisorMukti, Wiji Aziz Hari199010302023211032UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Modul, NOS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:29
Last Modified: 20 Oct 2025 04:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year