PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 11 BENGKULU TENGAH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRI, APRILIANI MERSA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 11 BENGKULU TENGAH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI APRILIANI MERSA PUTRI NIM 2011260001.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes (soal). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini terbagi menjadi 3 yaitu uji asumsi dasar yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan linieritas. Selanjutnya uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier sederhana dan uji t(parsial) dan yang terakhir yaitu uji koefisien determinasi(R2 ). Hasil penelitian uji t(parsial) dari variabel model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa didapati nilai signifikansi sebesar 0,438 yang mana lebih besar dari α (0,05), maka dari itu diperoleh keputusan H0= diterima dan Ha= ditolak dengan kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran make a match terhadap variabel keaktifan belajar siswa. Sedangkan untuk variabel model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa didapati nilai signifikansi sebesar 0,002 yang mana lebih kecil dari α (0,05), maka dari itu diperoleh keputusan H0= ditolak dan Ha= diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran make a match terhadap variabel kemampuan berpikir kritis sisw

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in1198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Keaktifan, Model Pembelajaran
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:35
Last Modified: 20 Oct 2025 04:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year