DELSITA, DESI APRIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS VII DI SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DESI APRIANI DELSITA NIM 2011260009.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi Kelas VII di SMPN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan Kuasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan teknik pengumpulan data melalui tes (Pretest dan Posttest) dan teknik dokumentasi. Populasi penelitian ini mengunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok Kontrol yaitu kelas VII K sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VII B sebagai kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Analisis data kedua kelas menggunakan uji-t (Independent Samples Test) dengan bantuan program SPSS Versi 26,0. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata Kemampuan Litersi Sains siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata kemampuan literasi sains yang menggunakan model pembelajaran Konvensional atau metode ceramah yaitu 77,10 > 64,20. Selain itu berdasarkan perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 atau (0.001 < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian, hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa kelas VII pada materi Ekologi di SMPN 5 Kota Bengkulu.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | PBL, Kemampuan Literasi Sains, Ekologi | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:49 | ||||||||||||
| Last Modified: | 20 Oct 2025 04:49 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics