PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS VII DI SMPN 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

DELSITA, DESI APRIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS VII DI SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DESI APRIANI DELSITA NIM 2011260009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi Kelas VII di SMPN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan Kuasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan teknik pengumpulan data melalui tes (Pretest dan Posttest) dan teknik dokumentasi. Populasi penelitian ini mengunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok Kontrol yaitu kelas VII K sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VII B sebagai kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Analisis data kedua kelas menggunakan uji-t (Independent Samples Test) dengan bantuan program SPSS Versi 26,0. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata Kemampuan Litersi Sains siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata kemampuan literasi sains yang menggunakan model pembelajaran Konvensional atau metode ceramah yaitu 77,10 > 64,20. Selain itu berdasarkan perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 atau (0.001 < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian, hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa kelas VII pada materi Ekologi di SMPN 5 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain198411152023211010UNSPECIFIED
Thesis advisorMukti, Wiji Aziz Hari199010302023211032UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL, Kemampuan Literasi Sains, Ekologi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:49
Last Modified: 20 Oct 2025 04:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year