PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Saputri,, Uci Dui (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
UCI DUI SAPUTRI.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa semua orang tua menginginkan pendidikan anaknya baik, sehingga dia memperhatikan dan mengoptimalkan untuk pendidikan anaknya. Adanya kebutuhan ini maka manusia terdorong untuk memenuhinya. Dorongan ini yang disebut dengan motivasi. Dalam hal ini, tentu peranan metode resitasi sangatlah penting. Bagaimana guru melakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan metode resitasi agar siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadapa prestasi belajar siswa di sma negeri 10 kota bengkulu. (2) untuk mengetahui seberapa besar signifikansi pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa di sma negeri 10 kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regsional. Populasinya pada sma negeri 10 kota bengkulu yang berjumlah 216 siswa menggunakan teknik proportoinatestratified. Sampelnya 68 siswa. Metode ini penelitian data dengan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel x (metode resitasi) dan variabel y (prestasi belajar siswa) diuji hipotesisnya menggunakan rumus uji regresi sederhana dan diperoleh hasil konstanta sebesar 22,637. Berdasarkan T hitung yaitu 5,918 > 0,007 dari T tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh metode resitasi (x) terhadap prestasi belajar siswa (y) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sma Negeri 10 Kota Bengkulu. Sehingga pengaruh penggunaan metode resitasi (x), adalah sebesar 40, 2% sedangkan prestasi belajar siswa 59, 8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorAndra,, Vebbi198502272011011009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Prestasi Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 08 Aug 2023 05:02
Last Modified: 08 Aug 2023 05:02
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item