تطوير وسيلة تعلم اللغة العربية )بطاقات الصور المستندة إلى رمز اإلستجابة السريعة( في تحسين إتقان المفردات العربية لدى طلبة الصف الثالث بالمدرسة اإلبتدائية اإلسالمية المتكاملة جاىايا رباني كيباىيانغ : Pengembangan Media Kartu Bergambar Berbasis Qr-Code Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas III SDIT Cahaya Robbani Kepahiang.

Ulfa Bella, Maria (2023) تطوير وسيلة تعلم اللغة العربية )بطاقات الصور المستندة إلى رمز اإلستجابة السريعة( في تحسين إتقان المفردات العربية لدى طلبة الصف الثالث بالمدرسة اإلبتدائية اإلسالمية المتكاملة جاىايا رباني كيباىيانغ : Pengembangan Media Kartu Bergambar Berbasis Qr-Code Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas III SDIT Cahaya Robbani Kepahiang. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (725kB)
[img] Text (Skripsi)
MARIA ULFA BELLA 1911220024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya media pembelajaran digita Kelas III SDIT Cahaya Robbani Kepahiang yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media edukasi berupa media edukasi dengan kartu bergambar berbasis QR code dalam meningkatkan kosa kata siswa kelas Siswa Klelas III SDIT Cahaya Robbani Kepahiang. Produk media ini dibuat dengan mengembangkan kartu bergambar konvensional menjadi kaertu bergambarberbasis digital Penelitian in merupakan jenis penelitian pengembangan(R&D).Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan teori lima langkah Richey and Klein, yaitu, 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Produk 5) Desain Teruji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi dan dokumentasi. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Penelitian ini menghasilkan media edukasi berupa media edukasi dengan kartu bergambar berbasis QR code untuk menambah kosakata Siswa Kelas III SDIT Cahaya Robbani Kepahiang yang berisi gambar, teks, audio dan video. Berdasarkan validasi oleh ahli desain media, ahli bahasa, dan ahli materi dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk media edukasi kartu bergambar layak digunakan dalam pembelajaran. Maka dari itu, produk media pembelajaran berbasis photocardke Code QR untuk meningkatkan hafalan kosa kata untuk siswa Siswa Klelas III SDIT Cahaya Robbani Kepahiang .menurut peneliti cocok digunakan dalam proses pembelajaran di SDIT Cahaya Robbani Kepahiang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorNi'am, Falahun19870805201801002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembibing I : Dr.Kasmantoni,M.Si dan Pembimbing II : Falahun Ni'am,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Penelitian & Pengembangan, kosa kata, QR- code, Rich and Klein.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:50
Last Modified: 30 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item