Istiqomah, Dwi (2023) SEKOLAH RAMAH ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MI AL-BA’ANI KANDANG MAS KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Depan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (810kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
DWI ISTIQOMAH_1911240184_PGMI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan sekolah pendidikan ramah anak perspektif pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter anak di Mi Alba‘ani Kandang Mas Kota Bengkulu, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sekolah ramah anak perspektif pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter anak di MI Alba‘ani Kandang Mas Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan cara wawancara observasi, anket/kuesioner dan dokumentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Sekolah ramah anak perspektif pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter anak di MI Al Ba‘ani Kandang Mas Kota Bengkulu terkonsep dari: a) adanya beberapa peraturan larangangan terhadap tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah, b) adanya tata tertib yang harus dipatuhi/taati setiap siswa, c) perlakuan yang sama kepada anak murid, d) menjadikan guru sebagai teladan, e) mengupayakan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi anak, menghindari pemberian hukuman dengan kekerasan, f) pembelajaran dilaksanakan dengan metode yang beragam, penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga media audio visual dan media OHP serta video, g) melibatkan anak-anak didik untuk berpartisipasi di sekolah, h) melibatkan anak didik dalam melakukan penataan ruang kelas, i) siswa diajari cara untuk menghargai orang lain, menaati peraturan, membiasakan anak bertoleransi dan menghormati yang lebih tua dan diperkuat melalui pendidikan pada mata pelajaran akidah akhlak. 2) Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan yakni adanya dukungan dari pihak pemerintah, kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak orang tua dan sekolah, lingkungan yang tenang serta adanya kesadaran yang besar dari orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya, sedangkan faktor-faktor yang menghambat yaitu pola asuh anak di rumah berbanding terbalik dengan pembentukan karakter dari sekolah, kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, kurangnya sosialisasi dari pihak madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Husnul Bahri, M.Pd, dan Pembimbing II : Erik Perdana Putra, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Agama Islam, Karakter Anak. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 01:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 01:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/873 |
Actions (login required)
View Item |