SEKOLAH RAMAH ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MI AL-BA’ANI KANDANG MAS KOTA BENGKULU

Istiqomah, Dwi (2023) SEKOLAH RAMAH ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MI AL-BA’ANI KANDANG MAS KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DWI ISTIQOMAH_1911240184_PGMI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan sekolah pendidikan ramah anak perspektif pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter anak di Mi Alba‘ani Kandang Mas Kota Bengkulu, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sekolah ramah anak perspektif pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter anak di MI Alba‘ani Kandang Mas Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan cara wawancara observasi, anket/kuesioner dan dokumentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Sekolah ramah anak perspektif pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter anak di MI Al Ba‘ani Kandang Mas Kota Bengkulu terkonsep dari: a) adanya beberapa peraturan larangangan terhadap tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah, b) adanya tata tertib yang harus dipatuhi/taati setiap siswa, c) perlakuan yang sama kepada anak murid, d) menjadikan guru sebagai teladan, e) mengupayakan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi anak, menghindari pemberian hukuman dengan kekerasan, f) pembelajaran dilaksanakan dengan metode yang beragam, penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga media audio visual dan media OHP serta video, g) melibatkan anak-anak didik untuk berpartisipasi di sekolah, h) melibatkan anak didik dalam melakukan penataan ruang kelas, i) siswa diajari cara untuk menghargai orang lain, menaati peraturan, membiasakan anak bertoleransi dan menghormati yang lebih tua dan diperkuat melalui pendidikan pada mata pelajaran akidah akhlak. 2) Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan yakni adanya dukungan dari pihak pemerintah, kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak orang tua dan sekolah, lingkungan yang tenang serta adanya kesadaran yang besar dari orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya, sedangkan faktor-faktor yang menghambat yaitu pola asuh anak di rumah berbanding terbalik dengan pembentukan karakter dari sekolah, kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, kurangnya sosialisasi dari pihak madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorPerdana Putra, Erik0217108802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Husnul Bahri, M.Pd, dan Pembimbing II : Erik Perdana Putra, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Agama Islam, Karakter Anak.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:49
Last Modified: 30 Aug 2023 01:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item