PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 14 SELUMA

Nofiasri, Weasni (2023) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 14 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1711270013 FTT IPS WEASNI NOFIASRI.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari data nilai siswa pada mata pelajaran IPS masih banyak yang belum mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Dalam proses pembelajaran guru bertindak sebagai satu-satunya sumber informasi, dimana pembelajaran hanya berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). Hal ini membuat pembelajaran IPS terasa membosankan dan membuat siswa merasa lesu untuk belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini kelas VIII SMP Negeri 14 Seluma yang berjumlah 163 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.A yaitu berjumlah 33 orang. Alat pengumpulan datanya adalah tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data menggunakan uji –t berpasangan (paired t�test) untuk pengaruh Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) terhadap hasil belajar IPS. Dari hasil penelitian dapat dilihat dari hasil uji thitung diperoleh nilai 9,44 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 2,036 maka thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 14 Seluma. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, M.PdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorEka Citra,, DesyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: ” Pembimbing I: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Desy Eka Citra, M.Pd.d
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil belajar, IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:07
Last Modified: 07 Jun 2023 08:07
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item