Nurhotima, Hozana (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 41 LEBONG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
HOZANA NURHOTIMA_1911240011.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi kelas III SD Negeri 41 Lebong, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap pembelajaran IPA. Peserta didik sulit menyelesaikan soal – soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui; 1) Hasil belajar siswa terhadap penggunaan alat peraga pada materi IPA kelas III SDN 41 Lebong; 2) Hubungan antara penggunaan alat peraga terhadap materi IPA kelas III SDN 41 Lebong. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil mendeskripsikan hubungan penggunaan alat peraga tata surya terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA kelas III SDN 41 Lebong. Jumlah sampel penelitian sebanyak 15 siswa dangan menggunakan teknik sampel random. Dari sampel tersebut diperoleh data hasil pengisian soal tes dan angket penggunaan alat peraga dan hasil belajar siswa kelas III pada meteri IPA yang telah didistribusikan ke dalam tabel distribusi sehingga diperoleh menggunakan perhitungan statistik dan kemudian nilai koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 0,836. Dengan demikian setelah diperoleh hasil out pout SPSS yaitu nilai p = 0,000<0,05 artinya, hubungan dua variabel tersebut signitifikan baik pada taraf 0,05. Hal ini juga dapat dilihat tanda pada angka koefisien korelasi tersebut, dengan demikian dapat dinyatakan dua variabel tersebut signifikan pada taraf 0,05 diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Penggunaan Alat Peraga Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 41 Lebong .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Prof. Dr. Adisel, M.Pd Pembimbing II : Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd.Si. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga; Tata Surya; Hasil Belajar; IPA. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 04:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:20 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/921 |
Actions (login required)
View Item |