HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 41 LEBONG

Nurhotima, Hozana (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 41 LEBONG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
HOZANA NURHOTIMA_1911240011.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi kelas III SD Negeri 41 Lebong, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap pembelajaran IPA. Peserta didik sulit menyelesaikan soal – soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui; 1) Hasil belajar siswa terhadap penggunaan alat peraga pada materi IPA kelas III SDN 41 Lebong; 2) Hubungan antara penggunaan alat peraga terhadap materi IPA kelas III SDN 41 Lebong. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil mendeskripsikan hubungan penggunaan alat peraga tata surya terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA kelas III SDN 41 Lebong. Jumlah sampel penelitian sebanyak 15 siswa dangan menggunakan teknik sampel random. Dari sampel tersebut diperoleh data hasil pengisian soal tes dan angket penggunaan alat peraga dan hasil belajar siswa kelas III pada meteri IPA yang telah didistribusikan ke dalam tabel distribusi sehingga diperoleh menggunakan perhitungan statistik dan kemudian nilai koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 0,836. Dengan demikian setelah diperoleh hasil out pout SPSS yaitu nilai p = 0,000<0,05 artinya, hubungan dua variabel tersebut signitifikan baik pada taraf 0,05. Hal ini juga dapat dilihat tanda pada angka koefisien korelasi tersebut, dengan demikian dapat dinyatakan dua variabel tersebut signifikan pada taraf 0,05 diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Penggunaan Alat Peraga Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 41 Lebong .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz Hari Mukti, Wiji2030109001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Adisel, M.Pd Pembimbing II : Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga; Tata Surya; Hasil Belajar; IPA.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:20
Last Modified: 30 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item