EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA RODA-RODA ATOM (R2A) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DI SMPN 7 KOTA BENGKULU

RONDONI, PAJRI (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA RODA-RODA ATOM (R2A) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DI SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (Sekripsi)
SKRIPSI PAJRI RONDONI _ 1911260059.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga roda-roda atom (r2a) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IX materi partikel penyusun benda di SMPN 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode quasi eksperimen design. Pada penelitian ini menggunakan subjek penelitian diantaranya 29 orang siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini adalah dengan melakukan observasi awal dan lembar tes soal siswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 68,14 kemudian nilai post-test nya diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,52 sedangkan untuk nilai pre-test kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata 67,20 kemudian nilai post-test nya diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,07. Setelah itu dilanjutkan dengan analisis data, Setelah data dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS versi 25 diketahui bahwa nilai T hitung tersebut diperoleh (0,000 < 0,05) yang berarti hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga roda-roda atom (r2a) ini efektif mempengaruhi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada materi tentang struktur atom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorsatria, irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorPerdana Putra, Erik0217108802UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Dr. Irwan Satria, M.Pd dan PEMBIMBING II: Erik Perdana Putra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Roda-Roda Atom (R2A), Hasil Belajar Siswa, Struktur Atom
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:33
Last Modified: 31 Aug 2023 04:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item