PENGARUH INTERFERENSI BAHASA JAWATERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TINJAU DARI HASIL BELAJAR DI SDN 140 SELUMA

Umaya, Irsa (2023) PENGARUH INTERFERENSI BAHASA JAWATERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TINJAU DARI HASIL BELAJAR DI SDN 140 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
IRSA UMAYA _ 1911240169111.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, Interferensi bahasa yang digunakan siswa dapat mempengaruhi dalam pembelajaran yang diterima. Bahasa yang digunakan siswa juga dapat mempengaruhi dalam pembelajaran yang diterima. Dengan penguasaan bahasa yang baik, maka pembelajaran bahasa yang diajarkan juga dapat diterima dengan baik pula. Kebiasaan seseorang menggunakan bahasa dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berbicara menggunakan bahasa Jawa, Dengan terbiasanya menggunakan bahasa Jawa, maka kemampuan berbahasa setiap orang berbeda-beda. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam akademiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui interferensi bahasa Jawa terhadap penggunaan bahasa Indonesia di tinjau dari hasil belajar Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelas IV di SDN 140 Seluma yang berjumlah 72 anak terdiri dari kelas A, B, dan C. Dengan sampelnya adalah kelas A sebanyak 25 siswa, kelas B sebanyak 25 siswa, dan kelas sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pennyebaran angket, tes hasil dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan bahasa Indonesia (X) dan signifikan terhadap hasil belajar siswa bahasa Indonesia (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahasa Indonesia (X) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (Y). Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) hipotesis X diperoleh nilai t hitung sebesar (-1,995) dan t tabel (1,994) atau sig ɑ = 0,000 berada dibawah 0,05 menunjukan adanya pengaruh yang negatif dari pengaruh penggunaan bahasa Indonesia (X) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (Y). Kesimpulan sehingga Ha yang berbunyi “Ada Pengaruh interferensi bahasa Jawa terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran tematik di tinjau dari hasil belajar di SDN 140 Seluma” diterima. Sedangkan H0 yang berbunyi “ Tidak Ada Pengaruh interferensi bahasa Jawa terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran tematik di tinjau dari hasil belajar di SDN 140 Seluma”ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorGamal Tamrin Kusumah, Raden2010068502UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husnul Bahri, M. Pd Pembimbing II : Raden Gamal Tamrin Kusumah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Interferensi Bahasa Jawa, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:20
Last Modified: 30 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item