PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 61 BENGKULU SELATAN

Ayu Meiginta, Klara (2023) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 61 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI KLARA AYU MEIGINTA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di SD Negeri 61 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Kuasi eksperimen. Kuasi eksperimen sendiri dapat diartikan sebagai penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan control ketat atau manipulasi semua variable yang relevan, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. sedangkan sampelnya kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji F, dan uji r product moment. Dari hasi penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media poster terhadap keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V di SD Negeri 61 Bengkulu Selatan. Nilai t dibandikan dengan dk = N1 + N2 – 2 = 17 + 17 – 2 = 32. Dengan dk =32, dan bila taraf kesalahan ditetapkan 5%, maka ttabel = 1,81. Dengan demikian, thitung > ttabel (6,010 > 1,81) yang artinya Hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media poster terhadap keterampilan menulis narasi pada pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V di SD Negeri 61 Bengkulu Selatan, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorDelta Fitrianah, Rossi198107272007102004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd Pembimbing II : Rossi Delta Fitrianah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Poster; Keterampilan Menulis; Narasi; Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:21
Last Modified: 30 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item