PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU

SRI RAHAYU NINGSI, PEBI (2023) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
PEBI SRI RAHAYU NINGSI, NIM.1911240274.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas tinggi di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif atau dapat disebut sebagai penelitian korelasional antara pengelolaan kelas (X1) motivasi belajar (X2) dan hasil belajar siswa (Y) karena penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti lebih banyak menggunakan logika, yang mana penelitian tersebut dimulai dengan berfikir deduktif untuk menurunkan hipotesis.Hasil penlitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh Pengelolaan kelas (X1) terhadap hasil belajar Siswa (Y) MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari uji t menunjukkan bahwa signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengelolaan kelas (X1) berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa (Y). Nilai t hitung positif artinya berpengaruh positif, yaitu jika pengelolaan kelas baik maka hasil belajar Siswa akan meningkat.2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari uji menunjukkan bahwa signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Nilai t hitung positif artinya berpengaruh positif. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara Pengelolaan kelas (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Berdasarkan Uji Paired t-Test peneliti mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol baik dari keaktifan maupun hasil belajar siswa. Berdasarkan output Pair 1 dan Pair 2 pada Variabel X2 atau Motivasi belajar Siswa diperoleh nilai Sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Dapat dilihat bahwa pada variabel motivasi Belajat Siswa (X2) rata-rata 61,4 Jadi, peningkatan hasil belajar sebesar 24,3. Rata-rata pretest kelas kontrol 37,2 dan posttest 37,9. Jadi peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,7. Dan pada Hasil Belajar siswa (Y) dapat dilihat bahwa rata-rata pretest kelas eksperiment 56.0 dan posttest 74,7. Jadi, peningkatan hasil belajar sebesar 18,70. Rata-rata pretest kelas kontrol 55,6 dan posttest 59,8. Jadi peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 4.2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGamal Tamrin Kusumah, Raden2010068502UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Irwan Satria,M.pd Pembimbing II : Raden Gamal Tamrin K,M.pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:24
Last Modified: 30 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item