STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITASPERTEMANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA USIA DASAR DI SDLB NEGERI 1 SELUMA

Yunita, Puput (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITASPERTEMANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA USIA DASAR DI SDLB NEGERI 1 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI PUPUT YUNITA _ 1911240192.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan keterampilan sosial dan pengaruhnya terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) untuk menjawab permasalahan yang perlu diuji dari segi kualitatif dan kuantitatif agar memperoleh data yang lebih akurat dalam menjawab permasalahan startegi yang diguakan guru, faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan keterampilan sosial, serta pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada tujuh jenis strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan keterampilan sosial, penerapan strategi diperlakukan secara sama kepada semua peserta didik dengan tingkat kelas dan disabilitas yang berbeda. (2) faktor penghambat disebabkan kurangnya guru yang berkompetensi dibidang pendidikan luar biasa dan pemahaman orang tua terhadap penanganan yang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus. Sedangkan faktor pendukung didukung oleh kerjasama guru dalam pengembangan dan penggunaan strategi yang sesuai, serta kerja sama orang tua peserta didik. (3) terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan rhitung 0,986 yang lebih besar dari rtabel dengan taraf singnifikasi 5% didapatkan rtabel sebesar 0,632 sehingga rhitung > rtabel (0,986 > 0,632) yang artinya hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan singnifikan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhoiri, QolbiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSyahbudin, RizkanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Qolbi Khoiri, M.Pd.I \Pembimbing II : Drs. Rizkan Syahbudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Keterampilan sosial, Kualitas Pertemanan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:24
Last Modified: 30 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item