PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Indah Muslimah, Putri (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
PUTRI INDAH MUSLIMAH _ 1911240014.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merumuskan masalah (1) Apakah Strategi Pembelajaran Heuristik Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 20 Kota Bengkulu?, (2) Apakah Minat Belajar Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 20 Kota Bengkulu?, (3) Apakah Ada Interaksi Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 20 Kota Bengkulu?. Guru masih menerapkan strategi konvensional serta pembelajaran yang kurang variatif dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh strategi heuristik terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan metode penelitian Nonequavalent Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Hasil output diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,01< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Heuristik Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 20 Kota Bengkulu. Hasil output diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,01< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Minat belajar Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa vii Kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 20 Kota Bengkulu. Hasil output diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,11>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar tidak ada interaksi dan tidak ada pengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 20 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam2010088202UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Sukarno M.Pd, Pembimbing II : Adam Nasution M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Srategi Heuristik,Hasil Belajar,Minat Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:23
Last Modified: 30 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item