PENGARUH METODE EJA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 DI MI DARUSSALAM KOTA PAGARALAM

Wulanda, Ulfa (2023) PENGARUH METODE EJA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 DI MI DARUSSALAM KOTA PAGARALAM. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
halaman judull.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ULFA WULANDA_1911240236.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode eja dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 Di MI Darussalam Kota Pagar Alam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Dengan desain pre-eksperimental design jenis one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I-VI MI Darussalam Kota Pagar Alam dengan jumlah 111 siswa. sedangkan sampelnya kelas 1 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Data yang terkumpul berupa nilai pre-test dan nilai post-test kemudian dibandingkan. Membandingkan kedua nilai tersebut dengan mengajukkan pertanyaan apakah ada perbedaan antara nilai yang didapatkan antara nilai pre-test dengan nilai post-test. Pengujian perbedaan nilai hanya dilakukan terhadap rerata kedua nilai saja, dan untuk keperluan itu digunakan teknik yang disebut dengan uji-t (t-test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode eja dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 Di MI Darussalam Kota Pagar Alam. Dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai sebesar 1,23. Dengan frekuensi sebesar 20-1 + 19, pada taraf signifikan 5% diperoleh = 0,68 maka diperoleh > atau 1,23 > 0,68 yang berarti hipotesis kerja ( ) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh metode eja dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 Di MI Darussalam Kota Pagar Alam, sedangkan hipotesis nihil ( ) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231983032002UNSPECIFIED
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Khermarinah M.Pd.I Pembimbing II: Salamah SE, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eja, Kesulitan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:35
Last Modified: 31 Aug 2023 02:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item