Wulanda, Ulfa (2023) PENGARUH METODE EJA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 DI MI DARUSSALAM KOTA PAGARALAM. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
halaman judull.pdf Download (966kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (500kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI ULFA WULANDA_1911240236.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode eja dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 Di MI Darussalam Kota Pagar Alam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Dengan desain pre-eksperimental design jenis one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I-VI MI Darussalam Kota Pagar Alam dengan jumlah 111 siswa. sedangkan sampelnya kelas 1 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Data yang terkumpul berupa nilai pre-test dan nilai post-test kemudian dibandingkan. Membandingkan kedua nilai tersebut dengan mengajukkan pertanyaan apakah ada perbedaan antara nilai yang didapatkan antara nilai pre-test dengan nilai post-test. Pengujian perbedaan nilai hanya dilakukan terhadap rerata kedua nilai saja, dan untuk keperluan itu digunakan teknik yang disebut dengan uji-t (t-test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode eja dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 Di MI Darussalam Kota Pagar Alam. Dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai sebesar 1,23. Dengan frekuensi sebesar 20-1 + 19, pada taraf signifikan 5% diperoleh = 0,68 maka diperoleh > atau 1,23 > 0,68 yang berarti hipotesis kerja ( ) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh metode eja dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 Di MI Darussalam Kota Pagar Alam, sedangkan hipotesis nihil ( ) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Khermarinah M.Pd.I Pembimbing II: Salamah SE, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Eja, Kesulitan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2023 02:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2023 02:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |