IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ITC) DI KELAS VII SMPIT KHAIRUNNAS KOTA BENGKULU

Sartika, Ria (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ITC) DI KELAS VII SMPIT KHAIRUNNAS KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
M SARDI 1811270014.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Memahami Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Information and Communication Technology di Kelas VII SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu, Untuk Memahami faktor Pendukung dalam Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Information and Communication Technology di Kelas VII SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu, dan Untuk Memahami Kendala dalam Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Information and Communication Technology di Kelas VII SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif. Hasil peneltian menujukkan bahwa Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Information and Communication Technology (ITC) penerapan media pembelajaram berbasis ICT pada mata pelajaran IPS program pembelajaran IPS kelas VII di SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik melalui teknologi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan keterampilan, pengetahuan dan sikap. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran berbasis ICT menjadi suatu teknologi yang memiliki pengaruh penting dalam sektor pendidikan. Hal demikian dikarenakan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran dapat memberikan informasi yang bersifat global dan tidak hanya terbatas pada informasi yang tertuang pada media cetak. Faktor Pendukung dan Kendala dalam Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Information and Communication Technology di Kelas VII SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu, yaitu: Faktor pendukung berdasarkan hasil dan pembahasan didapatkan bahwa dalam hal ini mencakup adanya ketersediaan fasilitas serta alat yang mendukung selama berlangsungnya proses penerapan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran hal ini akan. Seperti kelengkapan peralatan kelas yang telah dipersiapkan oleh pihak madrasah yang meliputi situs E-Lerning, Class Room, Google Video dan Zoom, situs-situs tersebut bisa di akses oleh peserta didik dan juga tenaga pengajar menggunakan laptop setiap peserta didik, proyektor, LCD, wifi, sound system, earphone, smart TV, dan lain sebagainya, yang tersambung ke jaringan internet. Kendala terlaksannya Pembelajaran IPS Berbasis Information and Communication Technology di Kelas VII SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu terdiri dari faktor internal dan eksternal, yaitu kurangnya sarana dan prsarana, tenaga pendidik, ketersediaan jaringan dan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorIqbal, Moch197550562009121001UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, Ilham19900412202121003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Moch Iqbal, M.Si Pembimbing II: M. Ilham Gilang, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Ilmu Pengetauan Sosial (IPS), dan Information and Communication Technology.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:12
Last Modified: 04 Sep 2023 02:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item