Nurahman Kemal, Reza Yusuf (2023) POLA PENGGUNAAN BAHAN AJAR RATTIL JILID 3 PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS 2 DI KUTTAB ABU BAKAR KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB 1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB 2.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
REZA NURAHMAN KEMAL YUSUF_1911210062.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran membaca Al-Qur'an di dunia pendidikan sangat penting dalam Islam. Salah satu pembelejarannya adalah menggunakan bahan ajar "Rattil Jilid 3" di kelas 2 di Kuttab Abu Bakar Kota Bengkulu, yang masih perlu diteliti karena tergolong baru. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi yang penulis beri judul “Pola Penggunaan Bahan Ajar Rattil Jilid 3 pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Kelas 2 di Kuttab Abu Bakar Kota Bengkulu”. Penelitian ini memiliki rumusan masalah : 1) Bagaimana pola penggunaan bahan ajar Rattil jilid 3 pada pembelajaran membaca Al-Qur’an kelas 2 di Kuttab Abu Bakar Kota Bengkulu?; 2) Apa saja faktor penghambat pola penggunaan bahan ajar Rattil jilid 3 pada pembelajaran membaca Al-Qur’an kelas 2 di Kuttab Abu Bakar Kota Bengkulu?. Dengan tujuan untuk mengetahui pola penggunaan bahan ajar Rattil jilid 3 dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di kelas 2 serta faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mencakup tentang penerapan buku Rattil jilid 3 sebagai bahan ajar pada pembelajaran membaca Al-Qur’an kelas 2 di Kuttab Abu Bakar Kota Bengkulu yang terdiri dari tahapan pembukaan, isi (klasikal dan individual), serta penutup. Dan faktor penghambat pembelajaran yang meliputi faktor internal seperti semangat belajar, fokus, ingatan, kemampuan, dan sikap. Serta faktor eksternal meliputi peran orang tua, finansial orang tua, dan kebiasaan siswa sepulang sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Fera Zasrianita, M.Pd pembimbing II:Dr. Nova Asvio, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran membaca Al-Qur’an, Bahan ajar, Buku Rattil, Klasikal, Individual. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2023 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2023 03:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1150 |
Actions (login required)
View Item |