PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI METODE DRILL DAN TASMI’ TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI MA’HAD AL- JAMI’AH UINFAS BENGKULU

RAHMA FITRI, ANISA (2023) PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI METODE DRILL DAN TASMI’ TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI MA’HAD AL- JAMI’AH UINFAS BENGKULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ANISA RAHMA FITRI NIM 1911210078-.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal di Ma’had Al-Jami’ah UINFAS Bengkulu diketahui bahwa kualitas hafalan Al-Qur’an masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil sima’an bil ghoib, kecapaian target hafalan mahasantri yang tidak lulus sima’an bil ghoib 50 dari 120 mahasantri. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya belum maksimalnya metode yang digunakan dalam perbaikan kualitas hafalan. Salah satu alternatitif untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan metode yang bervariasi, yaitu dengan menggunakan metode kombinasi Drill dan Tasmi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Drill dan tasmi’ terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an mahasantri ma’had Al-jami’ah UINFAS Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (quasi eksperimen) yang menggunakan desain penelitian one Group pre test and Post-test design. Subjek penelitian ini adalah mahasantri semester 1 Ma’had Al- Jami’ah UINFAS Bengkulu yang terdiri dari 40 santri. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, tes dan dokumentasi.teknik analisis data menggunakan uji valid,reabilitas,normalitas,uji-t Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode drill dan tasmi’ terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an mahasantri ma’had Al-Jami’ah UINFAS Bengkulu. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan “uji-t” yaitu tℎ???????????????????? (20,77) > t???????????????????? (2,10092) yang berarti terdapat penerimaan pada (ha) dan penolakan (ho). Dari hasil posttest yang diperoleh group A (eksperimen) dengan nilai rata-rata 90,25 dan hasil posttest yang diperoleh group B (control) dengan nilai rata-rata 74,25 ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen skor kualitas hafalan lebih tinggi dibandingkan kelas control. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh meto drill dan tasmi’ terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an mahasantri ma’had Al-Jami’ah UINFAS Bengkulu.).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAmin, Alfauzan197011052002121002UNSPECIFIED
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain2015118402UNSPECIFIED
Additional Information: Pembmbing 1: Dr. Alfauzan Amin, M.Ag Pembimbing 2: Dr. Zulkarnain, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode drill dan Tasmi’, Kualitas hafalan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:50
Last Modified: 01 Sep 2023 07:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item