Puspita, Ela
(2023)
تأثير احتراف المعلم على انجازات الطالب في تعلم اللغة العربية
بمعهد بنتشاسيال بنجكولو : Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa Belajar Bahasa Arab di Sma Pancasila Kota Bengkulu.
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui "Pengaruh
Profesionalisme Guru Terhdap Prestasi Siswa Belajar Bahasa
Arab di Sma Pancasila Kota Bengkulu". Pertanyaan yang harus
dijawab melalui penelitian ini adalah seberapa besar Pengaruh
Profesionalisme Guru Terhdap Prestasi Siswa Belajar Bahasa
Arab di Sma Pancasila Kota Bengkulu? Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif
dengan pendekatan (ex-post facto). Pada penelitian ini sampel
menggunakan sampel jenuh atau sensus 21 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan angket.
Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan
bantuan SPSS 25 for windows.
Hasil penelitian pengaruh profesionalisme guru terhadap
prestasi belajar siswa yang telah dilakukan, maka disimpulkan
dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,005 < 0,05)
berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme
guru terhadap prestasi siswa. Dan dari uji R square ditemukan
nilai R square sebesar 0,344 menunjukkan bahwa variabel
independen (profesionalisme guru) memiliki pengaruh terhadap
variabel dependen (prestasi siswa) sebesar 34,4%. Sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |