PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP SEMANGAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Karolin, Abella (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP SEMANGAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ABELLA KAROLIN_NIM. 1911240108.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Media Audio visual merupakan kombinasi audio dan visual atau bisa disebut media pandang-dengar. Audio visual akan menjadi penyajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Oleh karena itu peneliti meneliti pengaruh media pembelajaran berbasis Audio Visual terhadap semangat belajar pada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunkan metode pedekatan eksperimen, dalam proses dalam mengumpulkan data di lapangan, maka adapun Instrumen Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analis data yang digunakan oleh peneliti adalah uji validasi, uji reabilitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dan Uji Korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis audio visual terhadap semangat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD negeri 76 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan rumus product moment, dengan uji t dan diperoleh angka thitung (7,1) yang mana hasilnya lebih besar dari ttabel (1,69) dan berdasarkan nilai thitung > ttabel. Sehingga dapat di nyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima untuk semangat belajar, dan untuk prestasi belajar pengujian hipotesis yang menggunakan rumus product moment, dengan uji t dan diperoleh angka thitung (2,4) yang mana hasilnya lebih besar dari ttabel(1,69) dan berdasarkan nilai thitung > ttabel. Sehingga dapat di nyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNoer, Hery195905201989031004UNSPECIFIED
Thesis advisorRandi, Randi2012068801UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Hery Noer Aly, MA. pembimbing II : Randi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Semangat Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:26
Last Modified: 05 Sep 2023 01:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item