PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 140 SELUMA

Dwi Rozani, Atisa (2023) PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 140 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
ATISA DWI ROZANI_1911240141.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Guru harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu guru juga memiliki tugas untuk mengelola kegiatan pembelaran yang memungkinkan berlangsungnya pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Salah satu wujud dari menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan metode joyfull learning pada proses pembelajaran, untuk itu masalah dalam penelitian ini adalah membahas dengan lebih teliti dan seksama pengaruh metode joyfull learning dalam interaksi dikelas, sehingga dapat memberikan perasaan senang kepada siswa pada saat kegiatan belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode joyfull learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN 140 Seluma, adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelas II di SDN 140 Seluma yang berjumlah 60 anak terdiri dari kelas A dan kelas B. Dengan sampelnya adalah kelas A sebanyak 30 anak dan kelas B sebanyak 30 anak. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan (observasi), tes hasil dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji-t dilakukan terhadap 30 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel metode joyfull learning (X) dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia(Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode joyfull learning pada hasil belajar siswa adalah efektif. Hal ini tampak pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan metode joyfull learning yaitu rata-ratnya hanya mencapai 66. Selanjutnya, setelah menggunakan metode joyfull learning nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 86, hal ini berati bahwa tingkat kemapuan siswa meningkat. Hal ini terlihat dari hasil uji-t yang memperoleh nilai x signifikan sebesar 0,000 dengan taraf signifikan 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa H???? yang menyatakan penggunaan metode joyfull learning (X) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorGamal Tamrin Kusumah, Raden2010068502UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husnul Bahri, M.Pd Pembimbing II : Raden Gamal Tamrin Kusuma, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Joyfull Learning, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:39
Last Modified: 05 Sep 2023 01:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item