INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDIT AL- AUFA KOTA BENGKULU

Anggraini, Cica (2023) INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDIT AL- AUFA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cica BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cica BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
CICA ANGGRAINI (1911240100).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran di SDIT AL-AUFA Kota Bengkulu. Dan (2) Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran di SDIT AL-AUFA Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah (1) sumber data primer: 1 orang guru kelas, 1 orang guru pendamping, dan 2 anak berkebutuhan khusus (Alif dan Dhafin). Dan (2) sumber data sekunder: kepala sekolah, guru yang mengajar di kelas 4B, dan 5 siswa normal (dengan pertimbangan siswa tersebut dekat dan sering berinteraksi dengan siswa ABK). Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran di SDIT AL- AUFA Kota Bengkulu: a) Asosiatif berupa kerjasama (membantu teman-temannya mengangkat beberapa kursi untuk memudahkan kegiatan piket) dan akomodasi (sikap tidak terlalu merespon keberadaan orang lain), sedangkan b) Disosiatif berupa pertentangan (sikap ketidaksukaan terhadap gangguan yang diterima) dan permasalahan (sikap suka menjahili temannya). (2) Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran di SDIT AL-AUFA Kota Bengkulu dipengaruhi oleh faktor: a) Imitasi (meniru tingkah dan cara bicara orang lain), b) Sugesti, (diberi pandangan tentang nilai), c) Identifikasi (meniru cara menghitung seseorang dan viii meniru teman saat pembelajaran), dan d) Simpati (sikap merasa bersalah ketika seseorang menangis).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000320004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Salamah, SE, M.Pd Pembimbing II : Masrifa Hidayani, S.Ag M.Pd
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:48
Last Modified: 05 Sep 2023 01:48
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item