IMPLEMENTASI 9 PILAR KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM PLUS KARAKTER PEKAN SABTU KOTA BENGKULU

Huri, Bainal (2023) IMPLEMENTASI 9 PILAR KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM PLUS KARAKTER PEKAN SABTU KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAINAL HURI 1911210111 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAINAL HURI 1911210111 BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAIN AL HURI 1911210111 BAB II.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
BAINAL HURI 19111210111 FUUL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan, starategi dan evaluasi yang digunakan untuk Implementasi 9 Pilar Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Plus Karakter Pekan Sabtu Kota Bengkulu Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjuk kan bahwa: (1) Persiapan Implementasi 9 Pilar Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari persiapan sekolah menyiapkan administrasi sekolah, sarana dan perasarana, juga kerjasama dengan orang tua dan yayasan Indonesia Heritage Foundation IHF. Kemudian, persiapan guru dimana guru menyiapkan perangkat pembelajaran, materi pembelajaran dan mengikuti pelatihan mengenai 9 pilar karakter. (2) Strategi dalam pembelajaran yang digunakan yaitu pengaliran pilar-pilar karakter dan terintegrasi dengan mata pelajaran dengan pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan yang dimana menggunakan metode pembiasaan, pemahaman, penanaman, penalaran, dan pemaknaan dengan secara terprogram dengan jadwal yang telah ditentukan (3) Evaluasi dilakukan setiap minggu khusunya hari jumat dengan dilakukannya simulasi pilar karakter untuk melihat hasil dari implementasi 9 pilar tersebut tersebuat terlaksana dengan baik dengan catatan skala keterampilan berupa belum berkembang, mulai berkembang, berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Marwardi196512322998031015UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah, Aam196911222000032002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M. Pd Pembimbing II :Dra. Aam Amaliyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, 9 Pilar Karakter, Pembelajaran PAI, Persiapan, Strategi dan Evaluasi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:05
Last Modified: 05 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item