AFRIANTI, KOSI (2023) HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND TECHNOLOGY (IT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
1. DEPAN.pdf - Submitted Version Download (595kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
2. BAB 1.pdf - Submitted Version Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
3. BAB 2.pdf - Submitted Version Download (643kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
GABUNGAN KOSI AFRIANTI 1911240134.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan model pembelajaran klasikal terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas III di SDN 5 Kota Bengkulu; 2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan model pembelajaran berbasis IT terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas III di SDN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif korelasi. Serta sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang secara keseluruhan berjumlah 33 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok.. Teknik analisis data menggunakan rumus product moment. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara model pembelajaran klasikal dan model pembelajaran berbasis IT terhadap keaktifan belajar peserta didik pada kelas III di SDN 5 Kota Bengkulu dengan hasil salah satu data sebagai berikut: Untuk uji homogenitas pada kelas kontrol, dengan dk pembilang 14 dan dk penyebut 14 taraf kesalahan 5%, maka harga adalah 2,51, karena lebih kecil dari (9,019 < 2,51), maka artinya varians homogen, sehingga analisis korelasi dapat dilanjutkan. Nilai t selanjutnya dibandingkan dengan dk = N1+N2 – 2 = 15+15 – 2 = 28. Dengan dk = 28, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka = 0,374. Dengan demikian, > (46,998 > 0,374) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu ada hubungan antara model pembelajaran klasikal terhadap keaktifan belajar pada peserta didik kelas III di SDN 5 Kota Bengkulu terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Secara umum terdapatnya hubungan antara model pembelajaran klasikal dan model pembelajaran berbasis IT terhadap keaktifan belajar dikarenakan dalam model pembelajaran ini memiliki kelebihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Salamah, SE, M.Pd Pembimbing 2: Randi, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Keaktifan Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1336 |
Actions (login required)
View Item |