PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMP NEGERI 14 BENGKULU TENGAH

NOVITASARI, LIA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMP NEGERI 14 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
LIA NOVITASARI_1811290036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengembangankan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model pengembangan Borg and Gall namun dibatasi menjadi 7 tahapan karena peneliti memiliki keterbatasan waktu dan dana. Adapun model ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi produk dilakukan oleh 3 dosen dan 3 guru dari SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah, kemudian produk di uji cobakan melalui dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan kelompok besar untuk mengetahui respon peserta didik kelas VII SMP Negeri Bengkulu Tengah terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil dari validator ahli materi: ahli materi 1 mencapai kriteria “Baik” dengan presentase 70% dan ahli materi 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 91%. Hasil dari ahli media/desain: ahli media 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 100% dan Ahli media 2 mencapai kriteria “ Sangat Baik” dengan presentase 92%. Hasil dari validator ahli bahasa: ahli bahasa 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 88% dan ahli bahasa 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 90%. Sedangkan respon peserta didik memperoleh hasil “Sangat Baik” melalui uji coba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang peserta didik mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 88% dan hasil uji coba kelompok besar dengan melibatkan 20 orang mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 90%. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Thesis advisorAndra, Vebbi198502272011011009UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Prof. Dr. Zubaedi, M.Ag.M.Pd pembimbing II:Vebbi Andra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:28
Last Modified: 05 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item