Sriani, Esi (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTENGI SANTRI DARI PAHAM RADIKALISME (Study Kasus di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Lake, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI)
(ESI SRI ANI _1911210115).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Radikalisme adalah paham yang mengiginkan adanya perubahan sampai ke akar-akarnya, radikalisme sendiri merupakan suatu tindakan pemaksaan dengan mengunakan kekerasan baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan oleh suatu kelompok/oknum tertentu yang merasa bahwa pendapat atau tindakan yang mereka lakukan adalah benar, mereka juga meyakini bahwa tindakan yang mereka lakukan itu semata-mata untuk berjihad di jalan Allah SWT. Isu-isu paham radikalisme yang sudah masuk di dalam dunia pendidikan ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi para guru khususnya guru PAI, dalam hal ini transformasi ajaran Islam yang benar dan menyeluruh oleh guru-guru pendidikan agama Islam menjadi sangat penting, di sinilah para guru dituntut untuk melakukan dan melaksanakan peran mereka masing-masing. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. dimana peneliti ingin mengetahui/meneliti bagaimana peran guru pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Lake, Kabupaten Musi Rawas Utara/Muratara dalam membentengi para santri dari paham radikalisme. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa peran guru PAI di Pondok Pesantren Bahrul Ulum telah dilakukan dan dilaksanakan dengan baik, dimana para santri diajarkan tentang beberapa kitab dan buku yang dikarang oleh para ulama salaf sebagai pegangan bagi mereka agar terhindar dari paham radikalisme, selain itu para santri juga diajarkan tentang toleransi dalam beragama serta harus berpegang teguh pada Al-Quran dan Al-Hadist, para guru juga selalu memberikan Radikalisme adalah paham yang mengiginkan adanya perubahan sampai ke akar-akarnya, radikalisme sendiri merupakan suatu tindakan pemaksaan dengan mengunakan kekerasan baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan oleh suatu kelompok/oknum tertentu yang merasa bahwa pendapat atau tindakan yang mereka lakukan adalah benar, mereka juga meyakini bahwa tindakan yang mereka lakukan itu semata-mata untuk berjihad di jalan Allah SWT. Isu-isu paham radikalisme yang sudah masuk di dalam dunia pendidikan ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi para guru khususnya guru PAI, dalam hal ini transformasi ajaran Islam yang benar dan menyeluruh oleh guru-guru pendidikan agama Islam menjadi sangat penting, di sinilah para guru dituntut untuk melakukan dan melaksanakan peran mereka masing-masing. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. dimana peneliti ingin mengetahui/meneliti bagaimana peran guru pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Lake, Kabupaten Musi Rawas Utara/Muratara dalam membentengi para santri dari paham radikalisme. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa peran guru PAI di Pondok Pesantren Bahrul Ulum telah dilakukan dan dilaksanakan dengan baik, dimana para santri diajarkan tentang beberapa kitab dan buku yang dikarang oleh para ulama salaf sebagai pegangan bagi mereka agar terhindar dari paham radikalisme, selain itu para santri juga diajarkan tentang toleransi dalam beragama serta harus berpegang teguh pada Al-Quran dan Al-Hadist, para guru juga selalu memberikan Radikalisme adalah paham yang mengiginkan adanya perubahan sampai ke akar-akarnya, radikalisme sendiri merupakan suatu tindakan pemaksaan dengan mengunakan kekerasan baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan oleh suatu kelompok/oknum tertentu yang merasa bahwa pendapat atau tindakan yang mereka lakukan adalah benar, mereka juga meyakini bahwa tindakan yang mereka lakukan itu semata-mata untuk berjihad di jalan Allah SWT. Isu-isu paham radikalisme yang sudah masuk di dalam dunia pendidikan ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi para guru khususnya guru PAI, dalam hal ini transformasi ajaran Islam yang benar dan menyeluruh oleh guru-guru pendidikan agama Islam menjadi sangat penting, di sinilah para guru dituntut untuk melakukan dan melaksanakan peran mereka masing-masing. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. dimana peneliti ingin mengetahui/meneliti bagaimana peran guru pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Lake, Kabupaten Musi Rawas Utara/Muratara dalam membentengi para santri dari paham radikalisme. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa peran guru PAI di Pondok Pesantren Bahrul Ulum telah dilakukan dan dilaksanakan dengan baik, dimana para santri diajarkan tentang beberapa kitab dan buku yang dikarang oleh para ulama salaf sebagai pegangan bagi mereka agar terhindar dari paham radikalisme, selain itu para santri juga diajarkan tentang toleransi dalam beragama serta harus berpegang teguh pada Al-Quran dan Al-Hadist, para guru juga selalu memberikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Nur Hidayat, M.Ag Pembimbing II: M. Hidayaturrahman, M.Pd.I | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran guru pendidikan agama Islam, Radikalisme | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 01:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2023 01:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1389 |
Actions (login required)
View Item |