PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENYERAPAN MATERI PEMBELAJARAN IPS DI PESANTREN WUSTHA HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

PARESGA, ILHAM (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENYERAPAN MATERI PEMBELAJARAN IPS DI PESANTREN WUSTHA HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi)
ILHAM PARESGA, NIM. 1911270008, FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap tingkat penyerapan materi pembelajaran IPS di Pesantren Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, penelitian ini mencari hubungan sebab akibat antara satu variable X dengan variable Y . populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII A, B, C di Pesantren Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu sebanyak 62 siswa . sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratied random sampling. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk pengamatan dan memdata jumlah siswa. Sedangkan angket dunakan untuk mengungkap pengaruh variable pengaruh metode pembelajaran terhadap tingkat penyerapan materi pembelajaran IPS. Sehingga persamaan regresi yang dipergunakan dapat diterapkan dalam analisis data. Maka metode pembelajaran terhadap tingkat penyerapan materi pembelajaran IPSdi Pesantren Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu sebesar 24,5% sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi variabel lain atau tabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorJono, Ali Akbar19750925200121004UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Ali Akbar Jono, M.Pd pembimbing II:Sepri Yunarman, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tingkat Penyerapan Materi Pemembelajaran IPS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:17
Last Modified: 06 Sep 2023 01:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item