Setia Ningsih, Puji (2023) PENGGUNAAN METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL Al-QUR’AN JUZ 30 MATA PELAJARAN TAHFIDZ SISWA KELAS IIIC DI SDIT IQRA 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text (Skrpsi)
PUJI SETIA NINGSIH _ 1811240237.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu? (2) apa saja kendala dalam penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu? (3) Bagaimana hasil dari penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu?Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari manusia, tempat, dan kertas yang diperoleh dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa “penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu”. Ada 4 pelaksanaan muroja’ah hafalan al-qur‟an juz 30, yaitu : 1) Muroja‟ah hafalan bersama-sama dan disimak oleh Ustadz/Ustadzah, 2) Muroja‟ah hafalan Al-Qur‟an Juz 30 bersama teman. 3) Muroja’ah hafalan yang lama dan baru kepada Ustadz/Ustadzah. 4) Ujian hafalan Al-Qur‟an juz 30. Kendala-kendala “Penggunaan metode muroja’ah dalam meningkatkan kemampuan manghafal Al-Qur‟an juz 30 di SDIT IQRA‟2 Kota Bengkulu”. yaitu: a) peserta tidak fokus, b) malas c) kondisi lingkungan kurang efektif. “penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu”.Hasil penelitian Peserta didik telah mampu mencapai target hafalan yang telah diprogramkan disekolah. Hafalan peserta didik setelah penggunaan metode muroja’ah menjadi lebih lancar, fashih dan tartil. Dengan metode muroja’ah peserta didik mampu mempercepat hafalannya dibandingkan dengan tidak muroja’ah, selain itu hafalan peserta didik menjadi lebih kuat baik hafalan lama atau hafalan baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Nur hidayat. M.Ag Pembimbing II : Dr. Kurniawan, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an juz 30 | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 01:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2023 01:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1395 |
Actions (login required)
View Item |