PENGGUNAAN METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL Al-QUR’AN JUZ 30 MATA PELAJARAN TAHFIDZ SISWA KELAS IIIC DI SDIT IQRA 2 KOTA BENGKULU

Setia Ningsih, Puji (2023) PENGGUNAAN METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL Al-QUR’AN JUZ 30 MATA PELAJARAN TAHFIDZ SISWA KELAS IIIC DI SDIT IQRA 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text (Skrpsi)
PUJI SETIA NINGSIH _ 1811240237.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu? (2) apa saja kendala dalam penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu? (3) Bagaimana hasil dari penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu?Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari manusia, tempat, dan kertas yang diperoleh dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa “penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu”. Ada 4 pelaksanaan muroja’ah hafalan al-qur‟an juz 30, yaitu : 1) Muroja‟ah hafalan bersama-sama dan disimak oleh Ustadz/Ustadzah, 2) Muroja‟ah hafalan Al-Qur‟an Juz 30 bersama teman. 3) Muroja’ah hafalan yang lama dan baru kepada Ustadz/Ustadzah. 4) Ujian hafalan Al-Qur‟an juz 30. Kendala-kendala “Penggunaan metode muroja’ah dalam meningkatkan kemampuan manghafal Al-Qur‟an juz 30 di SDIT IQRA‟2 Kota Bengkulu”. yaitu: a) peserta tidak fokus, b) malas c) kondisi lingkungan kurang efektif. “penggunaan metode muraja‟ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur‟an Juz 30 mata pelajaran Tahfidz siswa kelas IIIC di SDIT IQRA‟ 2 Kota Bengkulu”.Hasil penelitian Peserta didik telah mampu mencapai target hafalan yang telah diprogramkan disekolah. Hafalan peserta didik setelah penggunaan metode muroja’ah menjadi lebih lancar, fashih dan tartil. Dengan metode muroja’ah peserta didik mampu mempercepat hafalannya dibandingkan dengan tidak muroja’ah, selain itu hafalan peserta didik menjadi lebih kuat baik hafalan lama atau hafalan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan2022098301UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nur hidayat. M.Ag Pembimbing II : Dr. Kurniawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an juz 30
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:21
Last Modified: 06 Sep 2023 01:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item