ANALISIS PENGGUNAAN METODE TIKRAR DALAM PROGRAM KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SISWA MAN 01 KAUR

Fitrah, Idul (2023) ANALISIS PENGGUNAAN METODE TIKRAR DALAM PROGRAM KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SISWA MAN 01 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
IDUL FITRAH_1911210052.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Penggunaan Metode Tikrar dalam program kemampuan menghafal Al-Qur‟an Bagi Siswa, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari Penggunaan Metode Tikrar dalam program kemampuan menghafal Al�Qur‟an Bagi Siswa MAN 01 Kaur Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan, pendekatan kualitatif deskriftif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru pembimbing setoran Tahfidz dan siswa kelas XII MAN 01 Kaur. Sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, buku-buku dan website di internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan Metode yang dilakukan di sekolah MAN 01 Kaur menggunakan metode Tikrar sebagai berikut: Kegiatan setoran hafalan metode Tikrar dilaksanakan di ruangan kelas dan diampu oleh guru pembimbing setoran tahfidz siswa pada hari jum‟at dan setiap jam istirahat. Sebelum menyetorkan hafalannya, setiap siswa wajib mentikrar sendiri dan mentikrar bersama temannya, guna untuk melancarkan pada saat disetorkan kepada guru pembimbing tahfidz, Strategi Penggunaan Metode Tikrar di sekolah MAN 01 Kaur berdasarkan penelitian Metode tikrar Strategi Penggunaan Metode Tikrar di sekolah MAN 01 Kaur berdasarkan penelitian yaitu guru mengingatkan siswa untuk mengulang-ulang hafalan nya di rumah, serta ketika ada waktu luang, tugas hafalan harus selesai sebelum ulang harian Guru pembimbing Tahfidz Memberikan Motivasi kepada Siswa, Peran Pengunaan Metode Tikrar Dalam Program Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an bagi siswa MAN 01 Kaur ini dalam meningkatkan menghafal Al-Qur‟an sangat efektif karna dapat dilihat dari mudah nya siswa dalam memahami metode tikrar yang di terapkan serta bertambahnya hafalan siswa. 2) Faktor pendukung dalam program kemampuan menghafal Al-Qur‟an karna pihak sekolah sangat mengutamakan hafalan Al-Qur‟an siswa baik itu siswa dalam menambah hafalan atau pun menjaga hafalan nya dengan mengulang�ulang nya,dan di setiap kelas ada guru pembimbing setoran yang siap selalu memberi arahan kepada siswa mengenai hafalan nya. dan juga pihak sekolah mengadakan kegiatan program hafalan tersebut terjadwal rutin yaitu hari Jum‟at namun siswa tetap bisa setoran di lain hari jum‟at ketika waktu luang. Sedangkan Faktor penghambat dalam penggunaan Metode Tikrart dalam Program Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an diantaranya yaitu, Manajemen Waktu siswa dalam menghafal Al-Qur‟an dan mengulangi bacaan nya sangat sedikit karna ambisi dalam berorganisasi, masih ada siswa yang menghafal dengan latin, masih ada siswa yang belum fasih bacaan Al-Qur‟an nya, Masih ada siswa yang malas untuk mengulangi bacaan hafalannya yang pernah di lewatinya di kelas X dan XI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSutrisno, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian2029108903UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Hengki Sutrisno, M.Pd.I Pembimbing II: Sutrian Efendi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengunaan, Metode Tikrar, Kemampuan Menghafal, Al-Qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:36
Last Modified: 06 Sep 2023 01:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item