IMPLEMENTASI METODE AL-BAGHDADI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI TK PUTRA PERTIWI DESA TUMBU’AN KABUPATEN SELUMA

Detta, Rara Febbya (2023) IMPLEMENTASI METODE AL-BAGHDADI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI TK PUTRA PERTIWI DESA TUMBU’AN KABUPATEN SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (skripsi)
1711250049 FTT PIAUD RARA FEBYA DETTA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca AlQur‟an di sekolah PAUD salah satunya adalah metode Al-Baghdadi. Metode Al-Baghdadi merupakan metode pembelajaran Al-Qur‟an dengan cara dieja per hurufnya, yang mana metode ini tersusun (tarkibiyah) yaitu suatu metode yang tersusun secara berurutan atau yang sering dikenal dengan sebutan metode Alif, Ba, Ta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Al-Baghdadi dan kendala yang dihadapi pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an anak usia dini di TK Putra Pertiwi Desa Tumbu‟an Kabupaten Seluma. Peneliti menyimpulkan bahwa implementasi metode Al-Baghdadi dan kendala yang dihadapi pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an anak usia dini di TK Putra Pertiwi Desa Tumbu‟an Kabupaten Seluma sudah berjalan dengan baik dan terus meningkat, pada saat tenaga pendidik melakukan pembelajaran, apabila terdapat anak yang melakukan kesalahan maka akan diluruskan dan bagi anak yang lambat dalam memahami pelajaran tenaga pendidik akan terus bersabar membimbing hingga bisa. Pembelajaran membaca Al-Qur‟an sangatlah penting, pembelajaran Al-Qur‟an adalah perintah Allah Swt dan juga bentuk perwujudan ibadah Kepada-Nya. Pembelajaran Al-Qur‟an sendiri merupakan proses bertambahnya pengetahuan baik dari kegiatan seperti belajar menggunakan metode Al-Baghdadi maupun menggunakan metode yang lainnya. Kendala dalam proses pembelajaran membaca AlQur‟an tidak menjadi hambatan bagi tenaga pendidik untuk tidak bersabar dalam membimbing anak-anak, tentunya tenaga pendidik akan berupaya untuk memecahkan kendala yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorBudrianto, Budrianto2028089103UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Aziza Aryati, M.Ag, Pembimbing II : Budrianto, M.Sn .
Uncontrolled Keywords: Metode Al-Baghdadi dan Pembelajaran Membaca Al Qur‟an.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:39
Last Modified: 06 Sep 2023 01:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item