Detta, Rara Febbya
(2023)
IMPLEMENTASI METODE AL-BAGHDADI PADA
PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI TK PUTRA PERTIWI DESA TUMBU’AN KABUPATEN SELUMA.
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca AlQur‟an di sekolah PAUD salah satunya adalah metode Al-Baghdadi.
Metode Al-Baghdadi merupakan metode pembelajaran Al-Qur‟an dengan
cara dieja per hurufnya, yang mana metode ini tersusun (tarkibiyah) yaitu
suatu metode yang tersusun secara berurutan atau yang sering dikenal
dengan sebutan metode Alif, Ba, Ta. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
implementasi metode Al-Baghdadi dan kendala yang dihadapi pada
pembelajaran membaca Al-Qur‟an anak usia dini di TK Putra Pertiwi Desa
Tumbu‟an Kabupaten Seluma. Peneliti menyimpulkan bahwa
implementasi metode Al-Baghdadi dan kendala yang dihadapi pada
pembelajaran membaca Al-Qur‟an anak usia dini di TK Putra Pertiwi Desa
Tumbu‟an Kabupaten Seluma sudah berjalan dengan baik dan terus
meningkat, pada saat tenaga pendidik melakukan pembelajaran, apabila
terdapat anak yang melakukan kesalahan maka akan diluruskan dan bagi
anak yang lambat dalam memahami pelajaran tenaga pendidik akan terus
bersabar membimbing hingga bisa. Pembelajaran membaca Al-Qur‟an
sangatlah penting, pembelajaran Al-Qur‟an adalah perintah Allah Swt dan
juga bentuk perwujudan ibadah Kepada-Nya. Pembelajaran Al-Qur‟an
sendiri merupakan proses bertambahnya pengetahuan baik dari kegiatan
seperti belajar menggunakan metode Al-Baghdadi maupun menggunakan
metode yang lainnya. Kendala dalam proses pembelajaran membaca AlQur‟an tidak menjadi hambatan bagi tenaga pendidik untuk tidak bersabar
dalam membimbing anak-anak, tentunya tenaga pendidik akan berupaya
untuk memecahkan kendala yang terjadi.
Actions (login required)
|
View Item |