PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING MELALUI MEDIACERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 16 SELUMA

Noveka Putri Hartono, Scadila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING MELALUI MEDIACERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 16 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SCADILA NOVEKA PUTRI HARTONO_NIM 1811240272.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Model Reciprocal Teaching Melalui Media Cerita Beragambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan populasi kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B Sebagai kelas kontrol . Analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis/uji-t dengan nilai signifikan α = 0,05 yang dihitung dengan SPSS 20.0 for Windows. Hasil Belajar peserta didik pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest. Rata-rata selisih pretest dan post-test peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 58,25 dan 35,5 serta hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh yaitu nilai thitung sebesar - 42,503 dan sig.(2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga, hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching melalui media cerita bergambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SDN 16 Seluma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikma, Nurhikma198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Kasmantoni, M.S.I, 2. Nurhikma, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, Media Cerita Beragambar, Bahasa Indonesia dan Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:13
Last Modified: 06 Sep 2023 02:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item