PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 74 KOTA BENGKULU

Ayu Astavia, Yozza (2023) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 74 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
YOZZA AYU ASTAVIA _ 1911240151.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil Hasil belajar IPA kelas IV Di SDN 74 Kota Bengkulu? 2) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPA kelas IV Di SDN 74 Kota Bengkulu? 3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional guru dan pengelolaan kelas terdapat persamaan terhadap hasil belajar siswa? Untuk mengingkap persoalan di atas menggunakan uj normalitas data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Penelitian kompetensi profesional guru di SDN 74 Kota Bengkulu, yang dilihat dari hasil penilaian 30 peserta didik sebagai sampel dapat diketahui bahwa 6 atau 20% berada dalam kategori rendah, 17 atau 56,66% berada dalam kategori sedang, serta 7 atau 23.34% berada dalam kategori tinggi. Hal tersebut menggambarkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN 74 Kota Bengkulu berada dalam kategori sedang yakni 56,66%. Hal tersebut menggambarkan bahwa kompetensi guru di SDN 74 Kota Bengkulu berada dalam kategori sedang. Artinya guru dalam proses pembelajaran belum maksimal sebagaimana yang diharapkan. 2) Penelitian pengelolaan kelas di SDN 74 Kota Bengkulu, yang dilihat dari hasil penilaian 30 peserta didik sebagai sampel dapat diketahui bahwa 6 atau 20% berada dalam kategori rendah, 21 atau 70% berada dalam kategori sedang, serta 4 atau 10% berada dalam kategori tinggi. Hal tersebut menggambarkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN 74 Kota Bengkulu berada dalam kategori sedang yakni 70%. Hal tersebut menggambarkan bahwa kompetensi guru di SDN 74 Kota Bengkulu berada dalam kategori sedang. Artinya guru dalam proses pembelajaran belum maksimal sebagaimana yang diharapkan. 3) Hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi (sig) pengelolaan kelas adalah (0,200) yang berarti nilai signifikansi (sig) (0,200) > (α) (0,05) dan hasil nilai signifikasi (sig) kompetensi professional guru adalah (sig) (0,22) > (α) (0,05). Hal tersebut berarti terdapat pengaruh kompetensi profesional guru dan pengelolaan kelas terhadap hasil UTS IPA siswa di SD Negeri 74 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorRevola, Yashori2003089001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. A.Suradi, M.Ag, Pembimbing II : Yashori Revola, M.pd
Uncontrolled Keywords: Profesional Guru, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:45
Last Modified: 06 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item