WULANDARI, SRI (2023) IMPLEMENTASI METODE 1T+1M DALAM KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA PADA ANAK-ANAK DI MUSHOLLA Al-IKHLAS DESA SEBAYUR JAYA KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
COVER DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB 1.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SRI WULANDARI 1711210231...pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dan permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Implementasi metode 1T+1M (metode talqin+muroja‟ah) dalam Kemampuan Menghafalan Juz amma pada anak di Musholla Al-Ikhlas Desa Sebayur Jaya Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, deskriftip dan penelitian lapangan. Penelitian ini mengambil guru ngaji dan anak sebagai subjek yang akan di teliti, sedangkan untuk penguatnya adalah data-data yang diperlukan informan tambahan wawancara secara langsung dengan imam yang ada di Musholla Al-Ikhlas dan masyarakat disekitar tempat lokasi penelitian, Serta dibuktikan dengan adanya dokumentasi bersama informan tersebut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Implementasi metode 1T+1M (metode talqin+metode muroja'ah dalam kemampuan menghafal Juz amma pada anak di Musholla Al-Ikhlas. Hasil penelitaian menunjukan bahwa guru ngaji selalu menerapkan metode 1T+1M (metode talqin+metode muroja‟ah) di Musholla Al-Ikhlas berupa memberikan arahan hafalan yang baik dan benar serta memberikan contoh adab-adab menghafal Juz amma pada anak sehingga anak menginspirasi guru ngaji tersebut dan mengikutinya seperti: Datang tepat waktu kemudian selalu tepat waktu setoran hafalan serta memberikan arahan kepada anak dalam membaca dan menghafal surah-surah yang ada di Juz amma atau Juz ke 30 di dalam Al-Qur‟an. Implementasi metode 1T+1M (metode talqin+metode muroja‟ah) di Musholla Al-Ikhlas ini sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukung dari anak dan guru ngaji tersebut adalah guru ngaji membacakan ayat yang hendak dihafal kemudian anak-anak langsung memahami apa yang ia ajarkan dan faktor penghambatnya yaitu anak-anak malas menghafal, susah membedakan ayat-ayat yang sama didalam Juz amma, serta anak malas mengulang hafalan (muroja‟ah) yang telah diajarkan guru ngaji tersebut dan kegiatan rutin yang diharapkan mampu menanamkan cinta anak terhadap Al-Qur‟an dan surah-surah yang ada didalam Juz amma yang ia hafal ataupun kegiatan dari ngaji itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Dr.H.M.Nasron HK,M.Pd.I pembimbing II:Nurhikma M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode 1T+1M (metode talqin+metode muroja'ah) dan Faktor Pendukung dan Faktor penghambat dalam menghafal Juz amma pada anak-anak di Musholla Al-Ikhlas | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1455 |
Actions (login required)
View Item |