ANGGRAINI, NURUL FEBRI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 38 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
NURUL FEBRI ANGGRAINI NIM. 1911240060.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi menjadi dasar bagi siswa untuk dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal, dimana hasil belajar selanjutnya akan digunakan sebagai dasar penentuan pencapaian kompetensi yang diharapkan. Hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 38 Kota Bengkulu ditemukan bahwa ada dalam kegiatan belajar di kelas terutama dalam mata pelajaran IPA, keadaan siswa dalam hasil belajar tidak memperhatikan guru sebab karena kurangnya perhatian guru kepada siswa dan keadaan kelas yang ribut membuat siswa siswa tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan didepan kelas. Kurangnya minat belajar siswa di dalam kelas karena materi yang disampaikan kurang menarik perhatian siswa di dalam kelas, serta cara penyampaian materi yang kurang dimengerti oleh siswa. Disebabkan kurangnya metode yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan fenomena yang sedang terjadi maupun yang sudah lalu secara alamiah. Hasil penelitannya, bahwa dengan adanya penerapan metode NHT peserta didik sangat menyukai belajar dengan metode ini. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi terhadap pembelajaran maka mereka akan tergerak atau tergugah untuk memiliki keinginan melakukan sesuatu yang dapat memperoleh hasil atau tujuan tertentu. Jadi, pembelajaran IPA menggunakan metode ini tergolong efektif. Disamping itu pendidik tentunya menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup metode NHT, selanjutnya dari persiapan itu barulah pendidik menerapkannya di kelas pada saat proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr.Ahmad Suradi, M.Ag pembimbing II:Adi Saputra, M. Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belaja | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1500 |
Actions (login required)
View Item |