Cahyanti, Novia (2023) PENGARUH RANAH AFEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 75 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI NOVIA CAHYANTI _ 1911240165.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh Ranah Afektif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu”. Pembimbing I Dr. H. Ali Akbar Jono, M.Pd dan Pembimbing II Dina Putri Juni Astuti, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ranah afektif siswa terhadap hasil belajar PKN siswa kelas IV di SDN 75 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif metode asosiatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Menggunakan teknik analisis data yaitu uji validitas dan reabilitas dengan uji prasyarat meliputi, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji hipotsis. Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini: Apakah terdapat pengaruh ranah afektif terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV di SDN 75 Kota Bengkulu?. Diperoleh hasil penelitian perhitungan pada variabel X yaitu didapat nilai signifikasi yaitu 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,740 > 2,045 bahwa terdapat pengaruh antara ranah afektif (X) terhadap hasil belajar (Y). Hasil perhitungan yang dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh atau tidak antara 2 variabel pada penelitian, dilihat dari nilai signifikasi yang didapat yaitu 0,001 < 0,05 dan nilai f-hitung 13,987 > 4,18 bahwa terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan hasil analisis data maka hipotesis regresi linear sederhana dari output yang diolah melalui SPSS 2.5 taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5% maka ttabel = 4,18 dengan demikian thitung > ftabel (13,987 > 4,18) yang artinya Hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikasi antara variabel X terhadap variabel Y.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Dr. H. Ali Akbar Jono, M.Pd. pembimbing II:Dina Putri Juni Astuti, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ranah Afektif, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:05 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1512 |
Actions (login required)
View Item |