Suharni, Dera (2023) PERAN POLA ASUH ORANG TUA PADA PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI II KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI DERA 1911250002.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perkembangan emosional anak usia dini dan untuk mengetahui tentang peran pola asuh orang tua pada perkembangan emosional anak usia dini di Tk pertiwi II kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi dan ada juga yang digunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan data dan penarikan data. Hasil penelitian ini diuraikan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu perkembangan emosinal anak usia dini itu kesadaran diri perlu diajarkan kepada anak agar anak mampu mempelajari perilaku kesadaran diri sejak dini, gunanya agar anak mengetahui atas perbuatan baik buruk dalam membimbing dan mengarahkan anak yang dilakukanya dan dapat menyikapi perbuatan tersebut. Hasil wawancara di dalam pelaksanaan, orang tua di TK Pertiwi II Kota Bengkulu menerapkan pola asuh orang tua dengan cara membimbing, dan mengarahkan anak agar dapat mematuhi aturan yang bertujuan dalam perkembangan emosi anak rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain (dalam perkembanagn emosional anak usia dini), Perilaku prososial (perilaku tolong menolong). Dan peran pola asuh orang tua pada perkembangan emosional anak usia dini di Tk pertiwi II kota Bengkulu, sangatlah penting diterapkan sejak dini, sebab untuk membuat paparan hasil penelitian mudah dibaca dan dimengerti maka penting adanya pola asuh orang tua pada anak usia dini (usia 5-6 tahun) itu terbagi tiga diantaranya 1. Otoriter merupakan pola pengasuh anak yang bersifat pemaksaan, keras dan kaku, karena orang tua akan membuat, berbagai aturan yang harus dipatui oleh anak-anaknya tanpa mau tahu perasaan anak, 2. Permisif merupkan jenis gaya pengasuhan yang ditandai oleh tuntutan, tetapi memberikan sedikit panduan dan aturan, 3. Demokratis dengan adanya pengakuan orang tua terhadap kemampuan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Deni Febrini, M.Pd pembimbing II: Dian Jelita, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | perkembangan emosional anak usia dini, peran pola asuh orang tua. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1513 |
Actions (login required)
View Item |